Membedakan Masalah Berbicara Di Depan Umum

Ketakutan berbicara di depan umum adalah nomor satu dalam daftar “fobia” yang dimiliki xperdio.com orang Amerika.Fobia didefinisikan sebagai ketakutan yang terus-menerus atau intens terhadap objek, aktivitas, atau situasi tertentu.

Ketakutan berbicara di depan umum adalah salah satu jenis fobia sosial yang sering dikaitkan atau dikembangkan melalui masa remaja seseorang.

Bagaimana Anda bereaksi jika bos Anda tiba-tiba memberi tahu Anda bahwa Anda harus melakukan presentasi di depan rekan kerja Anda?

Jika pikiran harus berdiri dan berbicara di depan orang banyak sudah cukup untuk membuat Anda panik, maka Anda memiliki jenis fobia.
Seperti halnya semua jenis ketakutan, Anda dapat belajar mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan mengenali gejalanya terlebih dahulu.

Siapa tahu? Setelah Anda berada di sana, Anda mungkin akhirnya menyadari bahwa Anda pandai memberikan pidato atau berbicara kepada publik, dan bahkan mencari nafkah darinya.

Orang-orang selalu haus akan informasi dan tidak ada cara yang lebih baik untuk membuat mereka mendapat informasi selain dengan melakukan presentasi dan memberikan pidato tentang topik-topik tertentu yang telah Anda “kuasai”.

Pertama, lihatlah manifestasi fisik dan mental seseorang yang mengalami ketakutan berbicara di depan umum.

> Gugup
Menjadi gugup sebelum hari pidato Anda memiliki beberapa gejala fisik, yaitu sebagai berikut:
1. Anda memiliki kupu-kupu di perut Anda.
2. Telapak tangan Anda berkeringat.
3. Tangan Anda gemetaran.
4. Lutut Anda juga gemetar dan Anda merasa seolah-olah kaki Anda akan roboh.
5. Jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya.
6. Anda mengalami sedikit pusing atau memiliki perasaan “pingsan”.
7. Anda memiliki gangguan perut.
6. Wajah Anda memerah dan mulut Anda kering.
7. Anda memiliki “keringat dingin” di seluruh tubuh.
8. Pikiran ‘Panicky’.
Gejala-gejala di atas cukup normal, dalam situasi tertentu. Namun, jika Anda mengalaminya secara berlebihan, Anda mungkin harus mencari bantuan profesional.

Kecemasan berbicara di depan umum juga akan menyebabkan banyak ‘pikiran panik’.

Anda mungkin takut bahwa seseorang di antara hadirin lebih tahu tentang topik daripada Anda.

Anda takut ada pertanyaan yang tidak dapat Anda jawab.
Anda takut melakukan kesalahan besar untuk disaksikan semua orang.

Anda benar-benar dapat menyalurkan pikiran negatif ini menjadi hasil yang lebih positif, menghasilkan pidato spontan, sangat informatif, dan bahkan lucu.

Dengan mengenali gejala-gejalanya dan mempelajari cara menghadapi rasa takut Anda, pada akhirnya Anda akan belajar cara mengatasi masalah publik dan menjadikannya menyenangkan dan informatif, baik untuk diri sendiri maupun audiens Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *